Senin, 04 Januari 2010

Bukti-Bukti M asuk Dan Berkembangnya Islam di Indonesia

Udah Lama Nie Libur, maklum Liburan Tahun BaRu hhe...

Okeh kita lanjutin lagi pembahasan sejarahnya,

Berhubung Sejarah Hindu-Budha Udah Selesai Saya Lanjut Lagi Nie Ng'bahas Masuknya ISlam di Indonesia, Selamat Membaca....


Proses masuk dan berkmbangnya Islam di Indonesia berlangsung secara bertahap dalam waktu ratusan tahun dan berlangsung secara damai. Sumber-sumber sejarah yang mengemukakan proses masuk dan berkembangnya islam di indonesia, antara lain sebagai berikut:

  1. Berita Cina Dari Dinasti Tang


Berita cina dari Dinasti Tang memberitakan bahwa pada sekitar tahun 674 M, orang-orang Ta shih (orang-orang islam dari arab dan persia) membatalkan niatnya menyerang kerajaan Ho Ling (Kalingga) karena Ratu Sima yang berukuasa di kerajaan tersebut masih sangat kuat.


  1. Berita Jepang(749 M)


Dijelaskan bahwa di Kanton terdapat kapal-kapal Po-sse Ta Shih Kuo. Istilah po-sse ditafsirkan sebagi orang melayu, sedangkan ta shih ditafsirkan sebagai orang-orang arab dan persia. Bahkan banyak ahli menduga bahwa pada abad ke-7 dan 8 di Kanfu (Kanton) sudah ada perkampungan-perkampungan muslim.


  1. Batu Nisan Fatimah Binti Maimun di Leran (Gresik)


Batu nisan ini berangka tahun 475 Hijriah atau 1082 M, sezaman dengan masa Kerajaan Kediri. Peninggalan sejarah ini, menjadi bukti bahwa agama islam sudah masuk ke daerah Jawa Timur.


  1. Berita Marcopolo dari Venesia, Italia


Marcopolo mendapat tugas dari Kaisar Cina untuk mengantar putrinya yang dipersembahkan kepada Kaisar Romawi. Dalam perjalanan menuju romawi pada tahun 1292 dan perjalanan pulang kembali ke Cina pada tahun 1297, ia singgah di Sumatra bagian utara. Ia menulskan bahwa di wilayah itu sudah ada beberapa kerajaan Islam, seperti Lamuri, Fansur, Barus, Perlis, Perlak, dan Samudra Pasai. Walaupun demikian, masih banyak pula wilayah yang belum menganut agama Islam.


  1. Makam Sultan Malik al Shaleh


Sultan Malik al Shaleh merupakan seorang raja dari kerajaan Samudra Pasai. Ia wafat pada bulan Ramadhan 676 H (1297 M). baik batu nisan Fatimah binti Maimun maupun nisan Sultan Malik al Shaleh terbuat dari batu pualam dari Gujarat. Berdasarkan peninggalan tersebut, banyak ahli menyimpulkan bahwa agama islam di indonesia berasal dari Gujarat. Berdasarkan peninggalan ini juga, dapat disimpulkan bahwa untuk pertama kalinya muncul seorang raja beragama islam dengan gelar “Sultan”


  1. Berita dari Ma-Huan (1416 M)


Ma-Huan adalah seorang penulis yang mengikuti pelayaran Laksamana Cheng-ho pada tahun 1400-an. Ia menuliskan bahwa sudah ada saudagar-saudagar islam yang bertempat tinggal di Pantai Utara Jawa (Gresik).


  1. Kompleks Makam Tralaya di Trowulan, Mojokerto


Kompleks makam islam Tralaya di Trowulan terdiri atas makam-makam dengan nisan berangka tahun 1369 sampai denga 1611. hal ini membuktikan bahwa di ibukota Majapahit Trowulan pada masa puncak kejayaan Majapahit, sudah ada masyarakat yang menganut agama islam.


Terima Kasih atas kunjungannya ke blog Ini…

Tolong tinggalkan komentar anda setelah membaca ataupun meng-copy isi blog ini…


Lestarikan Sejarah Bangsa Kita…



Baca Lanjutannya


Toko Buku Online Belbuk.com