[ADS] Top Ads

Biografi Raden Mas Setyadjit Soegondo



Raden Mas Setyadjit Soegondo (lahir di Dengon, 7 Juni 1907 – meninggal di Madiun, 20 Desember 1948 pada umur 41 tahun) adalah politikus Indonesia.

Tokoh nasionalis Indonesia ini menjabat sebagai anggota Tweede Kamer (Parlemen Darurat) antara bulan November 1945-Juni 1946. Sebelum Perang Dunia II, ia menjabat sebagai ketua Perhimpoenan Indonesia. Semasa PD II, ia aktif dalam perjuangan melawan Nazi di Belanda.

Dari tahun 1946, ia menjadi politikus berhaluan sosialis di Indonesia dalam Kabinet Sjahrir III (November 1946-Juli 1947) dengan jabatan Wakil Menteri Komunikasi, lalu dalam Kabinet Amir Sjarifuddin II (Juli 1947-Januari 1948) sebagai Wakil Perdana Menteri. RM. Setyadjit Soegondo menganut haluan moderat dan berhubungan baik dengan Wim Schermerhorn, yang dikenalnya selama perang. Ia tiba pada tahun 1948, ketika terjadi Peristiwa Madiun di Jawa Timur.


Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia