[ADS] Top Ads

Biografi Manuel Kaisiepo


Manuel Kaisiepo S. IP., M.H. (lahir di Biak, Papua, 25 Desember 1953; umur 66 tahun) adalah Menteri Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia pada Kabinet Gotong Royong. Ia merupakan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Manuel merupakan anggota komisi Energi Sumber Daya Mineral, Riset, Teknologi, Lingkungan Hidup (Komisi VII). Sebelum meniti karir sebagai menteri, Manuel Kaisiepo merupakan seorang editor Jurnal Prisma (LP3ES) di Jakarta.

Ia juga pernah berkarir sebagai wartawan Kompas, Jakarta pada tahun 1984-2000.

Sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia, ia dikenal sangat berusaha memperjuangkan keadilan bagi rakyat di kawasan Indonesia bagian Timur, khususnya Papua.

Sebagai putra daerah asli Papua, ia memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat Papua di segala aspek kehidupan. Salah satu permasalahan yang menjadi fokus perjuangan Manuel Kaisiepo adalah permasalahan perang suku yang masih sering terjadi di Papua pada saat itu. Ia menilai bahwa pecahnya perang suku di Papua merupakan akibat dari kekacauan logika yang terjadi di antara anggota masyarakat.

Manuel Kaisiepo sempat menulis buku berjudul "Komitmen Manuel Kaisiepo: bagi kawasan timur Indonesia dalam kebijakan SDA dan SDM Seri pembangunan kawasan timur Indonesia" dan diterbitkan oleh Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia, Republik Indonesia, 2004.

Pada tahun 2009, ia pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan tahun anggaran 2003. Kasus korupsi ini diduga menimbulkan kerugian negara yang mencapai Rp 71 miliar.

Pada tahun 2011, Manuel Kaisiepo turut menanggapi kegagalan terlaksananya Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) . Menurut dia, saat Undang-Undang Otsus dirancang, semua berharap sangat besar karena isinya sangat baik dan berupa konsensus politik yang akan mengakhiri konflik-konflik di masa lampau pada waktu itu.

Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila


PENDIDIKAN
  • Sarjana Hubungan Internasional FISIP UGM (1973 - 1975)
  • Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta. (1977 - 1979)
  • Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyakara (1984)
  • Institute of Management, Jakarta S2, MBA, Honolulu (2000)

KARIR
  • 1979 -1983 Editor Jurnal PRISMA, dan staf Lembaga Penelitian, Pendidikan, Pengembangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES)
  • 1983 - 1984 Staf Peneliti pada Proyek Studi Strategi Kebudayaan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  • 1984 -2000 Wartawan Senior Harian KOMPAS
  • 2000-2001 Menteri Muda Urusan Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Kabinet Persatuan Nasional
  • 2001-2004 Menteri Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Kabinet Gotong Royong
  • 2001 Agustus- Ketua Delegasi RI pada KTT Pacific Islands Forum (PIF) di Aiwo, Nauru
  • 2003 September- Ketua Delegasi RI pada Ministrial Meeting BIMP-EAGA (Brunai, Indonesia, Malaysia, and Philippines-South East Asia Growth Area); sebagai persiapan KTT ASEAN, Oktober 2003 di Denpasar, Bali
  • 2008 - 2013 Dosen Program Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Pelita Harapan (UPH); dosen Program Teacher Colleage (TC) FIP - UPH
  • 2013 November - Ketua Delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen RI pada pertemuan dengan Parlemen dan Pemerintah Papua Nugini (PNG) di Port Moresby, PNG
  • 2009 -2014 Anggota Komisi VII dan VIII DPR RI


3 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia