[ADS] Top Ads

Biografi Anak Agung Gde Agung


Prof. Dr. Anak Agung Gde Agung, adalah putra sulung dari Sri Paduka Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Raja Gianyar (Bali), negarawan terkemuka, Pahlawan Nasional dan salah satu pendiri Indonesia modern serta seorang mantan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri pada masa pemerintahan Presiden pertama RI Ir.Soekarno.

Dr. Anak Agung meraih gelar Bachelor of Arts (Honors) dalam mata pelajaran Pemerintahan (thesis - magna cum laude plus) dari Universitas Harvard dan selanjutnya mendapatkan gelar Master of Arts dari Fletcher School of International Law and Diplomacy di Massachusetts, Amerika Serikat. Ia kemudian menerima gelar Doktor (PhD) dalam bidang ilmu sosial dari Universitas Leiden di Negeri Belanda dengan laudasi Excellent untuk disertasi-nya.

Karyanya yang bernama “Tri Hita Karana” yang dia jelaskan dalam disertasinya ini dinilai oleh para professor Universitas Leiden, Belanda, bersifat menyeluruh dan dapat diterapkan di berbagai kebudayaan di dunia yang mengalami erosi. Penelitian yang dia kembangkan dapat mengidentifikasi dengan pasti masalah dan bagaimana solusinya.

Disertasinya ini meraih predikat summa cum laude, sekaligus pioneering, karena Anak Agung Gde Agung dianggap menciptakan metode baru dalam penelitian antropologi. Metodologi yang kuantitatif ini dianggap memberi terobosan, yaitu sebagai cara terbaik menganalisis status kebudayaan, mengidentifikasi dengan pasti sebab-sebab erosi, serta menganalisis dampak dan solusinya dengan tepat dan pasti. Upacara penyerahan gelar seusai pengujian di depan 10 mahaguru itu menjadi istimewa karena Rektor Universitas Leiden Prof DD Breimer membacakan surat Ratu Beatrix yang dibawa utusan kerajaan untuk Anak Agung Gde Agung.

PENDIDIKAN

Universitas Leiden Belanda program doktor di bidang konservasi biokultural dan pengembangan masyarakat

KARIR


  • Anggota MPR-RI tahun 1999
  • Menteri Negara Masalah Kemasyarakatan (Sekarang Menteri Sosial)
  • Kepala Badan Kesejahteraan Sosial Nasional Republik Indonesia
  • Bupati Gianyar, Bali
  • Anggota kommisi II DPRD Provinsi Bali fraksi PDI Perjuangan tahun 2009


Kegiatan lainnya

Sepanjang karirnya, Dr. Anak Agung juga aktif dalam berbagai bidang sosial, antara lain sebagai Ketua Dewan Pembina Indonesia Financial Executive Association (IFEA), Ketua Dewan Pembina Indonesia Heritage Society, Ketua Dewan Pembina Yayasan Sekar Manggis, Anggota Dewan Pembina Yayasan Universitas Trisakti dan Yayasan PPM (Pendidikan dan Pengembangan Manajemen), Anggota Dewan Penasehat United State - Indonesia Society (USINDO) serta berbagai kegiatan sosial, budaya dan pendidikan lainnya.

Karya Buku


  • Bali Endangered Paradise?, published by Yayasan Sekar Manggis, Jakarta, 2006
  • Bali, Contrasting Effects of Globalization, published by Humanities Press, Singapore, February 2010, ISBN : 978-981-08-5244-3
  • Biocultural Conservation In the Face of Globalization, published by Yayasan Sekar Manggis, Jakarta, April 2010, ISBN : 978-979-16-3112-9
  • Tri Hita Karana - The Balinese Philosophy of Life, published by Yayasan Sekar Manggis, Jakarta, November 2009, ISBN : 978-979-16-3111-2
  • The Island of Bali - A Primer, published by Yayasan Sekar Manggis, Jakarta, Februari 2012, ISBN : 978-979-16311-3-6
  • Bali Transformation in a Symbol - Oriented Society, published by Media Bangsa Publisher, Jakarta, March 2011, ISBN : 978-602-77-5703-5


PENGHARGAAN

Namanya berada di urutan nomor sembilan, setelah nama dari delapan tokoh terkemuka seluruh dunia, yang menjadi pelopor di bidangnya masing-masing, seperti Winston Churchill, Nelson Mandela, dan Albert Einstein.

1 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia