Jumat, 06 Januari 2012

Biografi Tarmizi Taher


Dr. Tarmizi Taher (lahir di Padang, Sumatera Barat, 7 Oktober 1936; umur 75 tahun) adalah Menteri Agama Indonesia periode 1993 sampai dengan 1998.

Karier

Setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Airlangga Surabaya, dia meniti karier pada TNI AL dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda. Jabatan yang pernah diembannya di lingkungan militer termasuk sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian, Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI. Selain itu dia adalah lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI AL dan sempat mengenyam pendidikan pada US Navy di bidang kesehatan. Selepas karier militer, ia kemudian ditugaskan sebagai Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama 5 tahun, sebelum diangkat sebagai Menteri pada tahun 1993. Selama menjabat Menteri Agama Republik Indonesia, dua inisiatif penting yang beliau laksanakan adalah pengembangan Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan pembentukan Dana Abadi Umat (DAU).

Sesudah meninggalkan posisi menteri, dia sempat diangkat untuk beberapa posisi lain, termasuk sebagai Duta Besar untuk Norwegia dan Islandia. Pada saat ini ia menjabat sebagai ketua umum pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia dan rektor pada Universitas Islam Az-zahra di Jakarta. Dia dianugerahi Doktor Honoris Causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Loading...
Toko Buku Online Belbuk.com