Kamis, 26 Januari 2012

Biografi Muladi


Prof. Dr. Muladi SH (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 26 Mei 1943; umur 68 tahun) Dia adalah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional terlama (2005-2011). Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Rektor di Universitas Diponegoro.

Muladi adalah anak seorang polisi ini sebenarnya asli Jawa Timur. Orang tuanya yang pindah tugas membawanya tinggal di Semarang. Sebelum aktif di dunia politik, ia berkarir di Universitas Diponegoro sebagai dosen, sewaktu masih menjadi mahasiswa dia juga pernah menjadi komandan WaLaWa atau sekarang disebut Resimen Mahasiswa. Ia datang ke Jakarta ketika menjadi anggota MPR-RI pada tahun 1997. Setelah itu ia dan keluarganya tinggal di Jakarta. Ketika dirinya tak lagi menjadi menteri ia aktif di sebuah LSM yang dibentuk mantan Presiden B.J. Habibie, The Habibie Center di Jakarta. awal tahun 2005, Muladi meninggalkan almamater yang dicintainya dan menanggalkan statusnya sebagai pegawai negeri. Keinginannya untuk berbuat banyak bagi bangsa membawanya kembali ke kancah politik. Ia merasa optimis dengan kepemimpinan Jusuf Kalla dan ketika terpilih sebagai salah satu ketua partai Golongan Karya (Golkar), ia mengajukan pensiun dini. Selanjutnya Muladi diangkat menjadi Gubernur Lemhanas pada tanggal 30 Agustus 2005.

Pendidikan

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (S1) (1968)
International Institute of Human Rights di Strasbourg, Perancis (1979).
Ilmu Hukum Program Pascasarjana FH Universitas Padjajaran, Bandung (S3) (1984) dengan predikat Cumlaude

Karier

Rektor dan Guru Besar Universitas Diponegoro
Anggota Komnas HAM
Menteri Kehakiman (Menkeh) Kabinet Pembangunan VII (1998), dan Kabinet Reformasi Pembangunan merangkap Mensekneg (1998-1999)
Ketua Institute for Democracy and Human Rights di The Habibie Center, Jakarta
Gubernur Lemhanas (2005-2011)

Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Loading...
Toko Buku Online Belbuk.com