Kamis, 22 September 2011

Biografi Soebandrio


Soebandrio (lahir di Kepanjen, Malang, Jawa Timur, 15 September 1914 – meninggal di Jakarta, 3 Juli 2004 pada umur 89 tahun) adalah tokoh politik Indonesia yang sangat berpengaruh sewaktu pemerintahan Soekarno.

Soebandrio menempuh pendidikannya di Sekolah Tinggi Kedokteran Jakarta (GHS).

Dia pernah menjadi duta besar Republik Indonesia di London (1950-1954) yang pertama, dan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri empat kali berturut-turut sejak Kabinet Djuanda sampai Kabinet Kerja III (1957-1963) serta Wakil Perdana Menteri I pada Kabinet Dwikora I. Ia juga pernah menjabat sebagai kepala BPI (Badan Pusat Intelijen) organisasi intelijen negara yang merupakan pendahulu BIN.

Tahun 1966 Soebandrio dijatuhi hukuman mati oleh Mahkamah Militer Luar Biasa dengan tuduhan terlibat dalam G30S. Hukuman ini kemudian diubah menjadi hukuman penjara seumur hidup. Dan akhirnya pada tahun 1995 beliau dikeluarkan dari penjara karena alasan kesehatan.

Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Loading...
Toko Buku Online Belbuk.com