[ADS] Top Ads

Partai Indonesia Raya [Parindra 1935] Versi Baru



Pada bulan Desember 1935 di Solo diadakn kongres yang menghasilkan penggabungan Boedi Oetomo dengan Persatuan Bangsa Indonesia [PBI] dan melahirkan Partai Indonesia raya (Parindra). R. Soetomo terpilih sebagai ketua Parindra dengan Surabaya sebagai pusatnya. Tujuannya adalah mencapai Indonesia raya dan mulia. Cara yang hendak ditempuh dengan memperkokoh semangat persatuan kebangsaan, berjuang untuk memperoleh suatu pemerintahan yang berdasarkan demokrasi dan nasionalisme, serta berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat baik dalam bidang ekonomi maupun sosial. Tokoh-tokoh terkemuka Parindra lainnya ialah Moh. Husni Thamrin dan Sukarjo Wiryopranoto.

Terhadap pemerintah kolonial, Parindra tidak menetapkan haluan politiknya apakah kooperatif atau nonkooperatif. Oleh sebab itu, Parindra mempunyai wakil-wakil dalam Volksraad dan mengambil sikap sesuai situasi. Parindra berkembang dengan baik menjadi partai besar dan banyak mendapatkan simpati dari organisasi-organisasi lain sehingga mereka menggabungkan diri, seperti kaum betawi, Sarekat Sumatera, dan partai Sarikat Selebes. Cabang-cabang Parindra menyebar di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Parindra berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil dengan cara mendirikan rukun tani, membentuk serikat-serikat pekerja, menganjurkan Swadesi Dan mendirikan Bank Nasional Indonesia. Perjuangan Parindra dalam Volksraad berlangsung hingga akhir penjajahan Belanda. dalam hal ini, terkenal kegigihan Moh Husni Thamrin dengan membentuk Fraksi Nasional dan GAPI yang berhasil memaksa pemerintah kolonial melakukan beberapa perubahan, seperti pemakaian bahasa indonesia dalam sidang Volksraad dan mengganti istilah Inlander menjadi Indonesier.

*New Version Of Sejarah Bangsa Indonesia

Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia