Senin, 07 Februari 2011

Biografi Ong Eng Die



Ong Eng Die (Wang Yongli) (Gorontalo, 1910) adalah seorang pemimpin partai politik dan seorang ekonom Tionghoa-Indonesia.

Karier politik

Ia lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Amsterdam di tahun 1940 dan memperoleh gelar Doktor di tahun 1943 setelah berhasil mempertahankan disertasinya Chineezen in Nederlandsch-Indie, een Sociografie van een Indonesische Bevolkingsgroep (diterbitkan di tahun 1943). Pada tahun 1945 beliau kembali ke Indonesia dan bekerja di Bank Pusat Indonesia, Yogyakarta. Dari tahun 1947 hingga 1948 beliau diangkat sebagai Deputi Menteri Keuangan di bawah administrasi kabinet Perdana Menteri Amir Sjarifuddin. Dalam perundingan Perjanjian Renville, beliau menjadi penasehat Delegasi Indonesia. Ia kemudian membuka kantor akuntan sendiri di tahun 1950. Ia bergabung dengan PNI (Partai Nasional Indonesia) dan di tahun 1955 menjadi Menteri Keuangan dalam Kabinet Ali Sastroamidjojo.

Postingan Ini Dilindungi HAK Cipta, Dan menggunakan Anti Block Dan Copy dengan CSS3 (Belum bisa ditembus seperti Anti Copy Javascript) untuk menghindari Penjiplakan, Untuk Itu jika anda membutuhkan isi dari postingan ini untuk keperluan pembelajaran, anda dapat mengirimkan E-Mail ke djnand.dj@gmail.com

Loading...
Toko Buku Online Belbuk.com