Rabu, 04 Agustus 2010

Pengertian Nasionalisme


Setelah di kategori sebelumnya, saya sudah sedikit banyak membahas tentang masa Pendudukan Jepang Di Indonesia di postingan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan kelahiran dan bangkitnya nasionalisme di Indonesia.

Saya akan mulai dari Faktor Pendorong lahirnya Nasionalisme Indonesia.

Kata nasionalisme berasal dari kata nation(bahasa Inggris) yang berarti bangsa. Dalam bahasa latin kata nation berarti kelahiran kembali, suku kemudian bangsa. Bangsa adalah sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu dan memiliki hasrat dan kemauan bersama untuk bersatu karena adanya persamaan nasib, cita-cita, kepentingan, dan tujuan yang sama. Kata nasionalisme dapat diartikan sebagai semangat kebangsaan atau perasaan kebangsaan, yaitu semangat cinta atau perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air. Menurut Hans Kohn, nasionalisme adalah suatu paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada bangsa dan Negara.

Sementara itu, bangkitnya nasionalisme di Indonesia didorong oleh 2 Faktor, yaitu Faktor Intern dan Faktor Ekstern yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya…………

Tetap Lestarikan Sejarah Bangsa Kita……………



Loading...
Toko Buku Online Belbuk.com