Rabu, 04 Agustus 2010

Faktor Ekstern Lahirnya nasionalisme Di Indonesia


Lahir dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia juga didorong oleh faktor-faktor ekstern(dari luar), antara lain berikut ini:

  1. Kemenangan Jepang Terhadap Rusia(1904-1905)


Kemenangan Jepang dalam perang Rusia-Jepang(1904-1905) telah berhasil mengguncangkan dunia. Bangsa kulit putih yang selama berabad-abad dianggap superior ternyata dapat dikalahkan oleh bangsa kulit berwarna. Kemenangan Jepang tersebut berhasil menggugah kesadaran bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk melawan penjajahan bangsa-bangsa kulit putih.


  1. Kebangkitan nasionalisme negara-negara Asia-Afrika


Kebangkitan nasional bangsa-bangsa Asia-Afrika memberikan dorongan yang kuat bagi bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penindasan pemerintahan kolonial. Beberapa bangsa yang telah terlebih dahulu berjuang menentang dominasi bangsa barat sehingga mendorong lahirnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut.


  1. Nasionalisme Turki dengan tokohnya Mustofa Kemal Pasha yang berhasil membangkitkan negrinya menjadi bangsa yang modern

  2. Pemberontakan Boxer di China(1899) melawan kesewenang-wenangan bangsa barat.

  3. Pemberontakan rakyat Filipina terhadap penjajahan Spanyol.

  4. Revolusi Tiongkok(1911) dan pembentukan partai Kuomintang oleh Sun Yat Sen yang berhasil menjadikan Cina sebagai negara merdeka pada tahun 1912.

  5. Kebangkitan Nasionalisme India dan munculnya tokoh karismatik, Mahatma gandhi.


  1. Masuknya paham-paham baru


Paham-paham baru seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme muncul setelah terjadi Revolusi Amerika dan Revolusi Prancis. Hubungan antara Asia dan Eropa menyebabkan paham-paham itu menyebar dari Eropa ke Asia, termasuk ke Indonesia. Pembukaan Terusan Suez menjadikan hubungan Asia-Eropa semakin Intensif. Paham-paham baru tersebut membangkitkan semangat nasionalisme bangsa-bangsa Asia, termasuk Indonesia.



Toko Buku Online Belbuk.com