[ADS] Top Ads

Hubungan Kecerdasan dan Penyakit Jantung

SELAIN kebiasaan merokok, tingkat kecerdasan ternyata juga merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Studi Dewan Riset Medis (MRC) Inggris mengungkapkan skor intelligence quotient (IQ) yang rendah berhubungan dengan tingkat penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi.

MRC meneliti data dari 1.145 pria dan perempuan berusia sekitar 55 tahun. Menurut studi itu, ada lima faktor risiko penyakit jantung yang utama, yakni merokok, IQ, penghasilan yang rendah, tekanan darah tinggi, dan aktivitas fisik yang rendah.

Para peneliti mengatakan terdapat sejumlah mekanisme yang dapat menjelaskan mengapa skor IQ yang rendah dapat memperbesar risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah pendekatan yang digunakan seseorang untuk berperilaku sehat.

Mereka yang mengabaikan atau tidak dapat memahami anjuran mengenai dampak merokok, manfaat diet yang sehat, serta pentingnya olahraga bagi kesehatan jantung lebih berpeluang terserang penyakit jantung.

"Kampanye kesehatan publik mesti fokus pada faktor-faktor di masa awal kehidupan yang telah terbukti berpengaruh terhadap tingkat IQ serta menangani ketidaksetaraan sosial," kata Ioanna Tzoulaki, dosen epidemiologi dari Imperial College London.

Sumber: Media Indonesia

4 komentar

  1. waduh aja2 saja..klo IQ rendah dapat memperbesar resiko penyakit jantung...berarti kasohan yg iq-nya rendah ni macam kang tejo..weleh2..

    BalasHapus
  2. waduh.....masak sih sob IQ berujung pada serangan jantung.....mungkin kalo pas mikir ga mampu trus jantung kita kerjanya jadi lebih keras so....kena deh jantung kita...wah harus sepet2 test IQ nih sob.....


    Best Regards
    dwell-articles

    BalasHapus
  3. Happy blogging.. Have a nice day..

    BalasHapus
  4. @ Kang Tejo: hhe bisa aja sih akang....ya ga sampe segitunya juga kang...

    @ Dwell: HHe....ga usah segala test IQ Sob...itu kan ada yang bawaan dari lahir jadi mau kita usahain juga percuma...yg penting kita jaga aja kesehatan kita...

    @ Rock: Happy blogging juga Sob...

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia