Minggu, 14 Februari 2010

Hubungan Kecerdasan dan Penyakit Jantung

SELAIN kebiasaan merokok, tingkat kecerdasan ternyata juga merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Studi Dewan Riset Medis (MRC) Inggris mengungkapkan skor intelligence quotient (IQ) yang rendah berhubungan dengan tingkat penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi.

MRC meneliti data dari 1.145 pria dan perempuan berusia sekitar 55 tahun. Menurut studi itu, ada lima faktor risiko penyakit jantung yang utama, yakni merokok, IQ, penghasilan yang rendah, tekanan darah tinggi, dan aktivitas fisik yang rendah.

Para peneliti mengatakan terdapat sejumlah mekanisme yang dapat menjelaskan mengapa skor IQ yang rendah dapat memperbesar risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah pendekatan yang digunakan seseorang untuk berperilaku sehat.

Mereka yang mengabaikan atau tidak dapat memahami anjuran mengenai dampak merokok, manfaat diet yang sehat, serta pentingnya olahraga bagi kesehatan jantung lebih berpeluang terserang penyakit jantung.

"Kampanye kesehatan publik mesti fokus pada faktor-faktor di masa awal kehidupan yang telah terbukti berpengaruh terhadap tingkat IQ serta menangani ketidaksetaraan sosial," kata Ioanna Tzoulaki, dosen epidemiologi dari Imperial College London.

Sumber: Media Indonesia

Toko Buku Online Belbuk.com