[ADS] Top Ads

Kesultanan Demak Di bawah Pimpinan Pati Unus Dan Sultan Trenggana

Di bawah Pati Unus

Demak di bawah Pati Unus adalah Demak yang berwawasan nusantara. Visi besarnya adalah menjadikan Demak sebagai kesultanan maritim yang besar. Pada masa kepemimpinannya, Demak merasa terancam dengan pendudukan Portugis di Malaka. Dengan adanya Portugis di Malaka, kehancuran pelabuhan-pelabuhan Nusantara tinggal menunggu waktu.


Di bawah Sultan Trenggana

Sultan Trenggana berjasa atas penyebaran Islam di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di bawah Sultan Trenggana, Demak mulai menguasai daerah-daerah Jawa lainnya seperti merebut Sunda Kelapa dari Pajajaran serta menghalau tentara Portugis yang akan mendarat di sana (1527), Tuban (1527), Madiun (1529), Surabaya dan Pasuruan (1527), Malang (1545), dan Blambangan, kerajaan Hindu terakhir di ujung timur pulau Jawa (1527, 1546). Panglima perang Demak waktu itu adalah Fatahillah, pemuda asal Pasai (Sumatera), yang juga menjadi menantu Sultan Trenggana. Sultan Trenggana meninggal pada tahun 1546 dalam sebuah pertempuran menaklukkan Pasuruan, dan kemudian digantikan oleh Sunan Prawoto.

Terima Kasih atas kunjungannya ke blog Ini…

Tolong tinggalkan komentar anda setelah membaca ataupun meng-copy isi blog ini…


Lestarikan Sejarah Bangsa Kita…


8 komentar

  1. ya its so nice articles.....
    visit him/////

    BalasHapus
  2. jangan lupakan sejarah indonesia....
    hehe...

    BalasHapus
  3. cintai produk" indonesia.....
    ciayou!!!

    BalasHapus
  4. ah.... isi blognya gx lengkap ngabis2in wktu aja buka blog ni kirain mah lengkap eh gx taunya cemen.....

    BalasHapus
  5. @948715557955709454.0
    All: Thnx 4 Coment...
    pput: Klo Mau lengkap silahkan beli buku sejarah yg dicari... lagian buat apa buang2 waktu disini? kan bisa langsung ke Wikipedia atau lainnya dulu sebelum ksini, iya Toh?

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia