[ADS] Top Ads

Teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia

Adanya hubungan dagang antara Indonesia dengan India berpengaruh besar terhadap masuknya budaya Hindu-Budha ke Indonesia. Agama Budha disebarluaskan ke Indonesia oleh para Biksu, sedangkan mengenai pembawa agama Hindu ke Indonesia sejarawan mengemukakan lima teori sebagai berikut:


a. Teori Brahmana

Dengan melihat unsur-unsur budaya India yang berpengaruh ke Indonesia, J. C. van Leur mengutarakan bahwa kaum brahmana sangat berperan dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu ke Indonesia. Mereka datang atas undangan para penguasa Indonesia. Kaum brahmana diundang ke Indonesia untuk melakukan upacara khusus menjadikan seseorang menjadi pemeluk Hindu yang disebut vratyastoma.


b. Teori Ksatria

Teori ini dikemukakan oleh F. D. K. Bosch. Ia menyatakan bahwa adanya raja-raja dari India yang datang menaklukan daerah daerah tertentu di Indonesia telah mengakibatkan penghinduan penduduk setempat. Terhadap teori ksatria, van Leur mengajukan keberatan. Menurutnya, jika memang raja-raja India pernah menaklukan daerah tertentu di Indonesia, maka hal itu akan dicatat dalam sumber-sumber sejarah baik di India maupun di Indonesia. Raja-raja india biasanya membangun sebuah tugu kemenangan yang disebut Jayastamba.


c. Teori Waisya

Menurut N. J. Krom, golongan pedagang dari kasta waisya merupakan golongan terbesar yang datang ke Indonesia. Mereka menetap di Indonesia dan kemudian memegang peran penting dalam proses penyebaran kebudayaan India.


d. Teori Sudra

Teori Ini menyatakan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kasta sudra. Mereka datang ke Indonesia dengan tujuan untuk mengubah kehidupan karena di India mereka hanya hidup sebagai pekerja kasar dan budak.


e. Teori Campuran

Teori ini beranggapan bahwa baik kaum Brahmana, Ksatria, para pedagang, maupun golongan sudra bersama-sama menyebarkan agama Hindu ke Indonesia sesuai dengan peran masing-masing.


Terima Kasih atas kunjungannya ke blog Ini…

Tolong tinggalkan komentar anda setelah membaca ataupun meng-copy isi blog ini…


Lestarikan Sejarah Bangsa Kita…



Baca Lanjutannya


Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia