[ADS] Top Ads

Sebelum Wafat Gus Dur Bercerita Ditemui Kakeknya, KH Hasyim Asy'ari

Mantan Presiden RI ke 4 KH Abdurrahman Wahid telah berpulang ke Rahmatullah. Gus Dur memang selalu punya cerita unik dan menarik sampai akhir hayatnya.

Sebelum meninggal pukul 18.45 WIB, Gus Dur sempat bercerita kepada salah satu orang dekatnya soal pengalaman spiritual yang dialami. Menurut Gus Dur, saat berziarah ke makam kakeknya KH Hasyim Asy'ari di Tebu Ireng, Jombang, Gus Dur sempat bertemu dan berkomunikasi dengan Mbah Hasyim.

"Gus Dur bercerita kepada saya, saat ziarah ke makam Mbah Hasyim, Gus Dur ditemui Mbah Hasyim. Gus Dur bercerita soal pengalamannya dengan tenang dan senang wajahnya," kata sumber tersebut yang tidak mau disebutkan namanya, Rabu (30/12/2009).

Menurut orang yang selalu menemani Gus Dur ini, dalam percakapannya dengan Mbah Hasyim, Gus Dur mengaku dikasihani. Gus Dur pun hanya tersenyum saat dibilangi kakeknya tersebut.

"Gus Dur bilang, 'Mbah Hasyim kasian sama saya mas'. Mbah Hasyim mengatakan, Le, kok tugasmu bersih-bersih terus yo? Sing sabar yo? (Nak, kok tugasmu bersih-bersih terus ya? Yang sabar ya?)," kata sumber itu menirukan Gus Dur.

Sayangnya, lanjut sumber itu, Gus Dur tidak melanjutkan lagi ceritanya soal pertemuan dengan Mbah Hasyim. Gus Dur langsung mengalihkan ke pembicaraan lainnya.

Selamat jalan Gus... Semoga engkau selalu mendapat pengampunan Allah SWT dan mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya. Amin.

Sumber: www.detiknews.com

Posting Komentar

Copyright © 2020

Sejarah Bangsa Indonesia