Rabu, 16 Desember 2009

Prasasti-prasasti kerajaan Sriwijaya

Kebesaran kerajaan Sriwijaya antara lain diberitakan dalam tujuh buah prasati peninggalannya.


  1. Prsasti Kedukan Bukit


Prasasti ini ditemukan di Kedukan Bukit, dekat Palembang, berangka tahun 605 Saka (±683 Masehi) Menceritakan perjalanan suci yang dilakukan oleh Dapunta Hyang dengan perahu. Ia berangkat dari Minangtamwan dengan membawa 20.000 tentara. Ia berhasil menaklukkan beberapa daerah sehingga Sriwijaya menjadi makmur.

  1. Prasasti Talang Tuo


Prasasti Talang Tuo (dekat Palembang) yang berangka tahu 684 Masehi berisi berita tentang pembuatan Taman Riksetra atas perintah Dapunta Hyang ri Jayanaga untuk kemakmuran semua makhluk.


  1. Prasasti Kota Kapur


Prasasti yang berangka tahun 686 M 8ni ditemukan di Kota Kapur, Pulau Bangka. Prasasti ini menyebutkan adanya ekspedisi Sriwijaya ke daerah seberang lautan ( Pulau Jawa) untuk memperluas kekuasaannya dengan menundu

kkan kerajaan-kerajaan disekitarnya, seperti Melayu, Tulangbawang, dan Tarumanegara.


  1. Prasasti Telaga Batu

Prasasti ini tidak berangka tahun. Isinya mengenai kutukan-kutukan yang seram terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan dan tidak taat kepada raja.


  1. Prasasti Karang Berahi


Prasasti ini ditemukan didaerah Karang Berahi, Jambi hulu. Berangka tahun 686 M dengan isi permin taan kepada Dewa yang menjaga Sriwijaya dan untuk menghukum setiap orang yang bermaksud jahat terhadap Sriwijaya.


  1. Prasasti Ligor


Prasasti berangka tahun 775 M ini ditemukan di Tanah Genting Kra, Ligor.


Terima Kasih atas kunjungannya ke blog Ini…

Tolong tinggalkan komentar anda setelah membaca ataupun meng-copy isi blog ini…


Lestarikan Sejarah Bangsa Kita…



Baca Lanjutannya




Car dan Dapatkan Pekerjaan Anda!